Surat elektrnik atau pos elektronik
daslam bahasa inggris disebut e-mail.Pengertian e-mail adalah sarana kirim
mengirim surat melalui jalur internet.
Dengan surat biasa ,umumnya pengirim
perlu membayar biaya perpengiriman(dengan membeli perangko).Tetapi surat
elektronik umumnya mengeluarkan biaya hanya untuk membayar sambungan
internet,kecuali email ke telepon genggam,kadang pembayarannya di tagih per pengiriman.
E-mail sudah dipakai pada
1960-an.Pada saat itu,internet belum terbentuk,yang ada hanyalah kumpulan “mainframe”yang
terbentuk sebagai jaringan.
Mulai 1980-an ,e-mail sudah dapat
dinikmati oleh khalayak umum.Hal ini mengakibatkan banyak perusahhan pos di
berbagai Negara yang penghasilannya menurun karena masyarakat tidak memakai
jasa pos lagi.
Agar dapat mengunakan e-mail,maka
seorang harus mempunyai alamat e-mail terlebih dahulu.Anatom alamat email
adalah sebagai berikut:
Keterangan:
sncfajar :
nama kotak surat(mailbox)atau nama pengguna(username)yang akan dituju dalam
mailserver.
yahoo.co.id :
nama mail server
tempat pengguna yang dituju,rinciannya:
yahoo
: nama domain,biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan.
co
: second level domain,menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori corporate (co).
id
: top level domain,menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia.
Untuk mengirim e-mail kita
memerlukan suatu program mail-client.E-mail yang dikirim akan melalui poin –poin
sebelum sampai tujuan.Untuk jelasnya
perhatikan urutan perjalanan e-mail berikut:
Contoh yang
dipakai adalah layanan SMTP dan POP3.
Menulis email-email client(di computer
pengirim)-SMTP server penyedia email pengirim-Internet-POP3server penyedia
email penerima-email client(di computer penerima)-email dibaca penerima.
Terlihat surat elektronik yang
terkirim hanya melalui 5 poin(selain computer pengirim dan penerima),Sebenarnya
lebih dari itu,sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 server akan
melalui banyak server-server lainnya.Tidak menutup kemunggkinan email yang kita
kirim disadap orang lain.Oleh karena itu ,jika email yang kita kirim mengandung
isi yang sensitive,sebaiknya kita menggunakan tindakan pencegahan dengan cara
mengacak(enkrip) data dalam email tersebut,(Contohnya menggunakan PGP,sertifikat
digital,dan lain-lain)
Dalam menggunakan email harus
mematuhi etika-etika tertentu,Etika dalam menggunakan email sama dengan etika
dalam menulis surat biasa.Ada e-mail yang isinya formal,dan ada pula yang
informal.Beberapa etika penting dalam menggunakan e-mail adalah :
1.
Jangan mengirim e-mail dengan lampiran (attachment)yang
terlalu besar(lebih dari 512 kB).Tidak semua orng memiliki akses internet yang
cepat,dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik
penerima,sehingga akan ditolak mailserver penerima.Selain itu,perhatikan juga
bahwa beberapa jenis e-mail juga menerapkan bahasan tentang jumlah,jenis,dan
ukuran surat elektronik yang dapat diterima(dan dikirim) penggunanya.
2.
Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik
tanpa berfikir kegunaan bagi orang yang dituju.
3.
Selalu isi kolom subyek ,jangan biarkan kosong.
4.
Dalam mengutip tulisan orang,selalu usahakan
mengutip seperlunya,jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu.
5.
Dalam menjawab e-mail orang lain,kutip bagian
yang kita tanggapi saja.Selain lebih jelas,juga tidak memakan waktu/jatah akses
penerima.
6.
Jangan menggunakan huruf capital,karena dapat
menimbulkan kesan anda “Berteriak”.
7.
Gunakan kata-kata dengan santun.Adakalanya
sesuatu yang ditulis akan terkesan berbeda dengan apa yang dimaksudkan.